29.6.16

DESKRIPSI DESIGN INTERIOR | PEDOMAN DALAM RENCANA DESIGN SEBUAH RUANG

Design Interior adalah sebuah ilmu seni dan pemahaman atas perilaku manusia didalam ruangannya sehingga membutuhkan sebuah tingkat fungsional tertentu yang kenudian direncanakan dalam bentuk konsep penataan ruang yang tepat.


PEDOMAN DESIGN INTERIOR


DESIGN INTERIOR ADALAH :


Interior Home Design - Design Interior adalah sebuah tata letak atau perancangan ruang di dalam sebuah rumah atau Gedung. Secara harfiah Design Interior merupakan sebuah aplikasi atau langkah dalam memenuhi kebutuhan dasar Manusia sebagai user dan pengguna berbagai fasiltas atau alat-alat ini. 

Dalam sisi yang berbeda, Design Interior diartikan sebagai sudut pandang manusia terhadap sebuah keindahan ruang atau tempat menurut seseorang yang dalam hal ini dianggap sebagai Designer Interior.

Kepribadian, suasana hati dan rencana pada ruang tertentu sangat mempengaruhi hasil dari rancangan tersebut selama perencanaan itu masih dalam konsep tujuan yang sudah diatur sebelumnya. Apa saja yang perlu diatur dalam rencana design Interior ini haruslah berpedoman dengan planning yang sudah dibuat dan direncanakan sebelumnya pula. Misalnya design Interior ini bertujuan untuk Pengembangan fiungsi ruangan, Penataan gaya estetika atau Peningkatan psikologi ruang bagi pemiliknya.

Dai uraian singkat diatas, kita sudah bisa sedikit memahami apa yang di sebut dengan Design Interior dan bagaimana aplikasi pada kebutuhan ruang dan manusia yang bersangkutan. Hingga timbulah sebuah Bidang Study keilmuan yang dinakaman Ilmu Design Interior. 

Tujuan Ilmu Design ini adalah agar dapat menciptakan sebuah Lingkungan yang nyaman sesuai kebutuhan manusianya beserta elemen-elemen lain sebagai pendukung penataan ruangan baik secara fisik berupa alat dan perkakas rumah atau Gedung maupun non fisik berupa fungsional dan rasa puas atas hasil penataan Interior ruang tersebut.


Design Interior dibagi menjadi 3 Bagian Penting 


  1. Perancangan Tata Letak Interior Tetap yaitu Design Interior yang memlai dari denah atau area existing yang tersedia kemudian rancangan pembangunan semua element terkait seperti Lantai, Bangunan, Aksesories, warna, hiasan sampai dengan finishing touch berupa keyakinan dan sugesti akan keberhasilan Penataan ruangan tersebut. 
  2. Perancangan Interior bergerak (Moveable) yang merancang detail Interior lebih Micro seperti Design Interior Furniture, Produk perkakas, Design landscape, penataan cahaya, handycraft sampai pada bentuk dan pilihan perkakas yang tepat dan fungsional untuk ruangan tersebut. 
  3. Design Interior Dekoratif yang merencanakan berbagai hiasan ruangan terkait dengan kebutuhan pemilik atau pengguna ruangan tersebut. Contoh paling mudah dari jenis design Interior Dekoratif ini sering kita lihat pada sebuah acara pesta seperti pesta pernikahan, Ulang Tahun atau seremonial lain yang memerlukan design berbeda dari biasanya. 

Beberapa Pedoman Design Interior juga perlu kita pahami terlebih dahulu agar nantinya dapat direncanakan dengan baik dan mendapatkan aplikasi tepat pada ruangan atau area design yang tersedia.

Design Interior dalam harmonisasi pandang


Skala dan proporsi ruang yang harus menghasilkan harmonisasi pandang dan keseimbangan antara bentuk, ukuran serta warna yang enak dilihat dan nyaman dalam segi fungsionalnya.
  1. Pecahayaan dan pewarnaan yang bertujuan agar dapat mempengaruhi kondisi psikologis sesuai dengan tema yang diusung oleh pengguna ruang tersebut. 
  2. Daya tarik Pandang terhadap ruangan yang berarti sebuah hasil Design Interior haruslah dapat dinikmati oleh setiap orang yang melihatnya. Beberapa element sangat berkaitan dengan hal ini seperti Letak Sofa, posisi duduk terhadap fokus pandang, dan letak setiap element perkakas yang harus memudahkan pengguna dalam melakukan aktifitas sehari-harinya. 
  3. Detail instrument Design Interior menjadi hal kecil yang memerlukan pertimbangan kusus seperti letak Saklar, letak meja makan, posisi lampu untuk pencahayaan, atau rak buku yang harus selalu tampak dengan baik dan selaras.


Beberapa hal diatas sudah merupakan hasil akhir sebuah Perencanaa Design Interior dan mendapat persetujuan atau rasa puas bagi penghuni ruang tersebut. Jika memang sudah baik, maka langkah Design Interior sudah bisa dikatakan berhasil untuk sementara waktu sampai nanti ruang tersebut dapat digunakan dengan nyaman tanpa adanya keluhan dan kesulitan penghuninya.

Kesimpulan Design Interior


Dari semua uraian diatas kita semakin mendapatkan inti dari arti Design Interior yang pada akhirnya akan mengarah ke kepuasan sesorang atas bentuk dan rancangan sebuah ruang hingga dapat menjadikan penghuni ruang tersebut bisa menjalankan aktifitasnya dengan nyaman dan mudah sesuai dengan yang diinginkannya.

Jadi seorang Design Interior mutlak untuk memahami dengan baik perilaku dan kebiasaan pengguna ruangan agar dapat merancang ruang dengan rencana yang selaras dengan pengguna ruang tersebut.

Artikel Terkait

D-Interior Custom Made Furniture Simply Special,,, Office : (021)75902959 Mobile : 085717751807 Email : temanada@mail.com


EmoticonEmoticon