29.6.16

3 JENIS KAYU JATI INDONESIA | MENGENAL KAYU JATI SEBAGAI KOMODITI YANG BERNILAI TINGGI

Tidak lengkap jika bicara design dan furniture tanpa membahas soal Kayu Jati, salahsatu komoditi hasil Perkebunan - Pertanian yang memiliki nilai sangat tinggi di mata bisnis maupun secara artistik budaya


JENIS KAYU JATI


Mengenal Kayu Jati Indonesia


Interior Home Design - Secara umum kita mengenal Kayu Jati | Pohon Jati atau tanaman Jati Indonesia ini menjadi 3 bagian atau Tiga Jenis yang kita kenal di Indonesia ini kususnya Pulau Jawa sebagai iklim dan kontur tanah paling baik untuk jenis flora ini (akan kita bahasan di paragraf bawah artikel).

Setiap jenis kayu jati tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing menyangkut tempat dimana ia tumbuh, Bibit yang berbeda sampai pada bagaimana tanaman kayu terbaik ini dibudidaya.

Kayu Jati menjadi sebuah pembicaraan serius sejak 20 tahun terakhir ini. Volume supplay yang semakin berkurang, kualitas Kayu yang semakin menurun kontrol nya dan juga sistem perdagangan yang belum bisa dikatakan baik mau tidak mau semakin menjadi bumbu sedap mendongkrak harga Kayu Jati yang semakin tinggi saja.

Peluang yang sangat besar ke pasar Export membuat Kayu Jati Indonesia juga menjadi sedikit sombong bahkan di tanahnya sendiri. Sungguh kualitas hasil Pertanian dan Perkebunan yang ini masih belum ada duanya ketika pasar sudah berbicara mengenai marketing, seni ukiran, design, furniture atau ulah beberapa pelaku bisnis ini sendiri yang membuat harum aroma Kayu jati dimata pengguna domestik dan international.

3 JENIS KAYU JATI DI INDONESIA


1. Kayu Jati Emas | Jati Mas


Ini Kayu Jati paling disukai oleh para seniman ukiran dan pekerja Furniture karena Jenis Kayu ini lebih lunak dan memiliki pori-pori yang lebih besar. Tanaman Jati hasil rekayasa genetika ini memiliki masa pertumbuhan yang jauh lebih singkat dan mempunyai Batang Tanaman yang lurus dan panjang sangat cocok untuk bahan baku pembuatan Meja atau Daun Pintu dengan Tekstur Kayu yang utuh tanpa sambungan. 

Usia pemotongan jenis Kayu Jati Emas ini kisaran 7 sampai 15 tahun, jauh lebih singkat dibanding dengan Kayu Jati Rakyat dengan sistem tanam Konvensional. Salahsatu pertimbangan yang bagus dalam sisi bisnis dan waktu pemeliharaan.

Dengan Kelebihan usia Kayu Jati lebih singkat dan bentuk Batang yang besar dan panjang utuh ini, Pohon Kayu Jati Emas menjadi primadona di beberapa daerah sebagai investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan. Inilah mengapa Kayu Jati jenis ini menjadi pemenang di pasar kayu jati mengingat semakin banyaknya pembudidaya Jati menjadikan tanaman ini sebagai bisnis yang bagus.

Soal kekurangan Warna serat Kayu yang agak pucat dan memiliki kadar air yang lebih tinggi dari Kayu Jati umumnya, itu nanti sangat tergantung pada penggunaan dan pemilihan bentuk atau design bagi penggunanya. Harga Kayu Jati Emas | Kayu Jati Mas inipun masih bisa kompromi dengan nilai bisnis dan daya beli masyarakat kita.


2. Kayu Jati Rakyat | Pohon Jati Tradisional


Inilah varietas asli di pulau Jawa karena tanaman Pohon Jati Rakyat ini sudah tumbuh dan berkembang sebelum adanya Jati budidaya seperti sekarang ini. Dan karena dahulu belum ada teknik menanam yang cukup dan belum adanya faktor rekayasa genetika seperti sekarang ini, Jenis Kayu Jati Rakyat ini seperti dibiarkan tumbuh begitu saja. Biasanya tumbuh di perkebunan individu di sepanjang pesisir pantai pulau jawa dengan iklim dan kadar air yang sanagt cocok.

Akibatnya adalah selain usia kayu jati ini sangat lama tumbuhnya hingga 30 atau 40 tahun, pertumbuhan Kayu Jati Rakyat Jawa ini banyak dipenuhi oleh lekukan atau bengkokan sehinggga menyulitkan untuk dibuat produk yang memerlukan bahan baku Kayu Jati yang panjang dan lebar.nSecara hitungan bisnis, hal ini menjadi sebuah kelemahan yang dapat menurunkan nilai jualnya.

Akan tetapi meskipun Kayu Jati Rakyat ini kurang memiliki harga jual yang tinggi karena beberapa kekurangan diatas, kabar bagus dari Jenis Kayu Jati rakyat jawa ini adalah kayu ini memiliki tingkat kepadatan pori-pori yang baik karena usia yang panjang tadi. 

Sistem tanam yang masih tradisional juga memberikan Kayu Jati ini mempunyai kualitas lebih baik secara teknis dibanding dengan kayu Jati Emas. Kalangan seni patung, seni Ukiran dan Kolektor Kayu Jati lebih memilih bahan Jati ini sebagai barang seninya.


3. Kayu Jati Perhutani


Potret nyata dari Kayu Jati Perhutani ini adalah sebuah sistem feodalisme yang dibangun oleh pemerintahan kolonial sejak pendudukan negeri Eropa di Indonesia ini. Cikal bakal sistem kartel yang membuat kayu Jati Perhutani memiliki tingkat kualitas yang baik dan standart mutu yang jelas dikarenakan Perhutani ini terlibat langsung dari proses pembibitan sampai proses penebangan Pohon Jati Perhutani dengan Standart Operation yang terkstruktur dengan baik.

Berbekal ratusan Katalog tentang kualitas Kayu Jati, Perhutani menjadikan produk hasil unggulan dari kehutanan Indonesia ini sebagai satu-satunyastandart kualitas Kayu Jati dimata bisnis baik bisnis lokal domestik maupun International. 

Dengan keahlian dan dukungan dari pemerintah, Perhutani mampu membuat Jenis Kayu Jati ini hingga berumur panjang dan benar-benar layak tebang sehingga menjadi Kayu Jati yang sangat mahal harganya. Disinilah peran salahsatu lembaga Pemerintahan kita dalam menjaga kekayaan alam dan produk nya agar selalu bisa bertahan dalam kualitas dan meningkatkan nilai jual produk alam bangsa ini.
KAYU JATI
SALAHSATU HASIL UKIRAN KAYU JATI INDONESIA


Kesimpulan Mengenal Kayu Jati | Pohon Jati Indonesia


Dari uraian singkat diatas, sudah bisa kita tarik benang merah tentang Jenis Kayu Jati Indonesia ini yang bersumber dari Sistem penanaman dan perawatan Kayu Jati serta usia kayu sebagai elemen yang menentukan kualitas Kayu Jati secara keseluruhan. Standar Kayu Jati Perhutani bisa kita jadikan acuan kualitas yang tentunya jugadengan kompensasi harga lebih tinggi sebagai nilai tukarnya.

Jenis Kayu Jati Emas dan Kayu Jati Rakyat bukannya tanpa nilai, karena itu juga produk yang masih merupakan komoditi Kayu bagus kualitas papan atas dan memiliki nilai tukar sangat tinggi juga, tergantung bagaimana pelaku bisnis ini memaksimalkan potensi yang ada pada produk Pertanian dan Perkebunan Indonesia ini.

Setiap Jenis Kayu Jati ini memiliki karakter dan tekstur sendiri-sendiri sehingga aplikasi pada produk Furniture, design, Ukiran dan komoditi seni lainnya juga perlu memperhatikan bahan baku sebagai awal dari rencana bisnis panjangnya. 

Marilah gunakan Sumber daya alam kita ini dengan sebaik-baiknya sebagai wujud rasa terimakasih kita kepada sang pencipta dan keperdulian kita kepada generasi yang akan datang.
Jenis Kayu Jati dan Pohon Jati ini semoga dapat menambah literatur dan memiliki manfaat yang baik bagi kita semua. Tambahkan di kolom komentar jika anda memiliki ide atau gagasan yang bisa kita bahas disini.

Artikel Terkait

D-Interior Custom Made Furniture Simply Special,,, Office : (021)75902959 Mobile : 085717751807 Email : temanada@mail.com

1 Ide & Gagasan Anda so far

saya sarankan maunya di Indonesia ditanam banyak-banyak karena Indonesia memilike lahan yang luas, jangan tanam sawit melulu
agen poker
bandar poker
poker facebook
bandar kiu


EmoticonEmoticon